ICONNET menjadi jawaban akan kebutuhan layanan internet berkualitas. Menawarkan kemudahan mulai dari aktivasi, pembayaran, hingga mendukung berbagai aktivitas kehidupan.
Rasanya tak berlebihan untuk mengatakan bahwa kehadiran internet membuat dunia bagaikan dalam genggaman. Perkembangan teknologi dan pandemi Covid-19 yang berdampak pada akselarasi digital di segala lini telah meningkatkan kebutuhan internet pada kehidupan banyak orang. Kebutuhan untuk terhubung melalui koneksi internet untuk bekerja, bersekolah, hiburan, dan beragam aktivitas telah menjadikan internet sebagai kebutuhan primer masyarakat.
Kebutuhan vital ini tak seharusnya berhenti pada sekadar adanya internet. Kebutuhan masyarakat harus dijawab dengan kualitas layanan internet yang andal, harga yang terjangkau, serta mampu menjangkau hingga ke seluruh wilayah di Tanah Air. Spirit untuk menghadirkan layanan internet yang berkualitas inilah yang menjadi pijakan ICON+ meluncurkan ICONNET.
Diperkenalkan oleh ICON+ bersama PT PLN (Persero) pada 31 Mei 2021, ICONNET merupakan brand baru layanan fixed broadband internet yang sebelumnya bernama Stroomnet. ICONNET hadir dengan menawarkan nilai tambah (value added) bagi pelanggan melalui kepastian akan jaringan internet yang andal (Reliable), terjangkau (Affordable), dan tanpa batas (Unlimited).
Direktur Enterprise Business ICON+ Julita Indah dalam Coffee Morning Final Series yang dihelat pada akhir Desember lalu mengatakan, langkah ICON+ memasuki segmentasi retail terbilang cukup cepat.
“Kendati memulai dari sangat kecil, ICONers memiliki api semangat yang menyala begitu besar. Hingga April 2021, Icon+ telah melayani lebih dari 23 ribu pelanggan di berbagai wilayah di Tanah Air,” ucap Julita.
Rebranding ICONNET semakin mengukuhkan posisi ICON+ di segmentasi retail. Salah satu pencapaian dalam perjalanan ICONNET ialah keberhasilan ICON+ mencatatkan lebih dari 1.000 home connected per hari. Angka ini menunjukkan bahwa dalam satu hari ICON+ berhasil melakukan aktivasi kepada lebih dari 1.000 calon pelanggan ICONNET. Angka ini sekaligus menunjukkan setiap Strategic Business Unit Regional ICON+ berhasil melakukan aktivasi lebih dari 100 pelanggan dalam satu hari.
Layanan internet berbasis fiber optic ICON+ ini terbilang cukup gemilang. Hanya dalam hitungan bulan saja ICONNET telah dinikmati lebih dari 120 ribu pelanggan dengan lebih dari 300 ribu homepass. Pertumbuhan layanan fixed broadband internet ICON+ meningkat 710 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya.
“Pencapaian ini merupakan perjuangan yang lahir dari jiwa seluruh ICONers. Kerja keras untuk terus bangkit menjadi yang terdepan dalam bisnis retail. Ayo bergandengan tangan agar selalu on fire,” ucap Julita.
Memudahkan Hidup Pelanggan
Pencapaian ICONNET tentu tidak lepas dari kemudahan yang ditawarkan kepada pelanggan. Melalui fitur ICONNET pada aplikasi New PLN Mobile, pelanggan dapat menikmati layanan internet dalam satu genggaman. Pelanggan dapat melakukan order secara end to end, mulai dari mengecek coverage area, memilih layanan, hingga melakukan pembayaran ICONNET di aplikasi New PLN Mobile.
Dengan teknologi dan fitur yang dikembangkan, seluruh kebutuhan pelanggan dapat dengan mudah ditemukan dalam Aplikasi New PLN Mobile. Melalui aplikasi ini, kebutuhan layanan kelistrikan maupun internet dapat dinikmati pelanggan dalam satu genggaman.
ICONNET telah hadir di kota-kota di seluruh Indonesia, namun masih terbatas pada area tertentu di wilayah kota/kabupaten. VP Retail Solution ICON+ Wuri Yulianto saat peluncuran ICONNET pada akhir Mei 2021 mengatakan, layanan internet berbasis fiber optic ini hadir sebagai solusi bagi pelanggan, terutama di area yang mungkin belum terlayani oleh provider lain.
“Ini sesuai misi yang diemban untuk membantu pemerintah Indonesia dalam meningkatkan penetrasi broadband nasional yang saat ini masih di kisaran 15 persen,” terang Wuri kala itu.
Dengan hak eksklusif Right of Ways PT PLN (Persero) yang dikelola oleh ICON+, peningkatan coverage area ICONNET sangat potensial.
Dengan spirit di mana ada tiang listrik, di situ terdapat internet, ICONNET sejak awal bercita-cita untuk hadir hingga ke pelosok negeri. Dengan hadirnya internet ke seluruh pelosok Tanah Air, masyarakat Indonesia akan mendapatkan hak yang sama untuk mengakses informasi dengan teknologi terkini.
Kehadiran ICONNET yang menawarkan keandalan layanan, harga yang terjangkau, dan menjangkau seluruh wilayah Indonesia ini tentu memberi kemudahan terhadap berbagai sisi kehidupan. Pada sisi pendidikan, ICONNET membuat sistem pembelajaran jarak jauh menjadi lebih optimal. Pada sisi pekerjaan, layanan ICONNET memudahkan para pekerja untuk bekerja dari rumah. Sementara dari sisi ekonomi, layanan ini mampu mendukung Badan Usaha Milik Desa yang pada akhirnya memajukan perekonomian desa.
ICONNET juga hadir untuk mendukung generasi muda Indonesia mewujudkan mimpinya. Salah satu komitmen ICON+ ialah dengan mendukung ekosistem E-Sport di dalam negeri. Dengan dukungan internet yang stabil, generasi muda di berbagai daerah yang memiliki cita-cita menjadi atlet E-Sport diharapkan dapat meraih impiannya. Salah satu bentuk dukungan yang diberikan ialah dengan menggelar turnamen PUBG Mobile yang diselenggarakan oleh PT PLN (Persero) dan didukung oleh ICON+, yang sukses digelar pada Desember 2021 lalu.
Perihal keandalan layanan, Wuri mengatakan, ICON+ telah memiliki pengalaman lebih dari 20 tahun berkecimpung di industri telekomunikasi. Keandalan layanan yang diberikan kepada pelanggan dilakukan ICON+ dengan kesiapan infrastruktur seperti jaringan backbone, Point of Presence (PoP), Network Operation Center (NOC) hingga kesiapan sumber daya manusia ICON+ melalui tim lapangan yang berpengalaman.
“Dengan mengedepankan positioning Reliable, Affordable, dan Unlimited, ICONNET diharapkan dapat diterima masyarakat sebagai pilihan utama layanan internet rumah. Kehadiran ICONNET membuat Semua Makin Mudah,” harap Wuri.