RUBRIK

Film Inspiratif untuk Para Decision Maker

Risiko dan kegagalan lumrah dalam sebuah bisnis atau pekerjaan. Karenanya, dibutuhkan optimisme, semangat, kepiawaian, serta keberanian dalam mengambil keputusan untuk menghadapi segala risiko dan memanfaatkan setiap peluang yang ada. Lewat deretan film berikut, kita bisa belajar tentang keberanian menghadapi risiko dan mengambil keputusan demi bertahan di tengah dunia bisnis yang dinamis dan sarat tantangan.

 

The Pursuit of Happiness (2006)

Meski hampir dua dekade berlalu, film ini masih sangat menggugah optimisme penontonya. Diangkat dari kisah nyata, film yang dibintangi Will Smith ini bercerita tentang perjuangan Chris Gardner yang berprofesi sebagai salesman.

Keberaniannya mengambil keputusan untuk membeli franchise alat scanner tulang, berujung pada kegagalan hingga ia kehilangan uang, rumah, bahkan istrinya. Dalam keterpurukan, Chris tetap bersemangat untuk bangkit kembali dan berani memulai langkah baru sebagai pialang saham.

Jalan kesuksesan memang tidak selalu mulus, maka dibutuhkan ketekunan dan kegigihan seperti halnya Chris Gardner. Yang tak kalah penting, keberanian untuk menetapkan langkah serta mengambil keputusan untuk menggapai kesuksesan tersebut. Kini, Chris Gardner dikenal sebagai salah seorang pengusaha di AS.

 

Up In The Air (2009)

Ryan Bingham yang diperankan George Clooney adalah seorang konsultan CTC (Career Transition Corporation). Ryan mendapat tugas untuk memecat sejumlah karyawan atas nama seorang  pengusaha. Di balik kisah pemecatan karyawan ini, Ryan memberikan sebuah inspirasi dalam mengatasi berbagai situasi.

Ryan digambarkan sebagai karakter yang selalu tenang meskipun dalam keadaan tertekan. Ryan adalah sosok pekerja keras yang selalu tepat waktu. Dalam proses pemecatan yang dilakukan, Ryan pun tidak bertindak gegabah dan semena-mena. Ia selalu melakukan riset sebelum memecat karyawan. Bahkan, memberikan motivasi dan semangat kepada mereka yang telah ia pecat.

 

The Big Short (2015)

Banyak hal yang bisa dipetik dari film ini. Berkisah tentang krisis ekonomi yang melanda AS pada era 2000-an hingga mengakibatkan economic bubble atau gelembung kredit macet yang berujung pada krisis keuangan global pada 2007—2010.

Deretan aktor kawakan—Brad Pitt, Ryan Gosling, Christian Bale, dan Steve Carrell—memerankan empat sekawan yang memiliki keberanian untuk mengambil alih beberapa investasi bank-bank besar di pasar saham. Mereka pun memiliki berbagai terobosan dan kejelian dalam menganalisis pasar dan membuat sebuah keputusan besar.

iQuiz 11 – 2022
close slider

iQuiz 11 - 2022

Penerapan GRC (Governance, Risk and Compliance) di PLN Icon Plus sudah dimulai sejak akhir 2020 lalu. Penerapannya diharapkan dapat meningkatkan efektivitas, efisiensi, pertumbuhan, dan keberlanjutan perusahaan, hingga kepercayaan stakeholder. Penerapan GRC tersebut mencakup tiga aspek, salah satunya adalah …