ICONNET menjadi kekuatan dan semangat baru bagi ICON+ guna menghadirkan kualitas layanan internet terbaik pada pelanggan.
Menyerap semangat Hari Kebangkitan Nasional, PT PLN (Persero) semakin mengokohkan komitmennya untuk menghadirkan kualitas layanan yang terbaik kepada pelanggan. Bersama anak perusahaannya, ICON+, komitmen tersebut diwujudkan dengan memperkenalkan ICONNET, brand baru layanan fixed broadband internet yang sebelumnya bernama Stroomnet, pada 31 Mei 2021.
Layanan internet berbasis fiber optic yang diluncurkan PT PLN (Persero) bersama ICON+ ini merupakan bagian dari transformasi PT PLN (Persero) yang bertujuan memberikan kualitas layanan internet yang lebih baik bagi masyarakat Indonesia. ICONNET hadir dengan nilai tambah (value added) bagi penggunanya melalui kepastian akan jaringan andal (Reliable), terjangkau (Affordable), dan tanpa batas (Unlimited).
Direktur Utama PT PLN (Persero) Zulkifli Zaini mengatakan, positioning ICONNET ialah sebagai layanan internet yang andal karena berbasis full end-to-end fiber optic. Layanan fixed broadband internet ICONNET terjangkau dan menjangkau kebutuhan pelanggan baik dari sisi harga maupun coverage area. Kelebihan lain dari ICONNET ialah akses internet tanpa batas dengan biaya tetap.
“Kami berharap ICONNET bisa membuka jalan kita semua untuk terus berkembang dan menjadi pilihan utama bagi pelanggan. Kami berharap ICONNET menjadi salah satu market share fix broadband internet terbesar di Indonesia,” harap Zulkifli.
Zulkifli menambahkan, Indonesia yang merupakan negara kepulauan memang menjadi tantangan tersendiri dalam membangun jaringan infrastruktur. Namun tantangan tersebut diyakininya bisa diatasi dan diselesaikan dengan baik selama PT PLN (Persero) Group dapat berkolaborasi dan bersinergi untuk mencari solusi atas segala permasalahan yang dihadapi.
“PT PLN (Persero) membangun jaringan listrik hingga ke seluruh pelosok negeri, yang akan kami ekspansi dengan jaringan internet. Ke depan, di mana ada listrik, di situ ada ICONNET,” jelas Zulkifli
Lebih jauh Zulkifli menjelaskan, peningkatan layanan dan keandalan jaringan secara menyeluruh akan terus dilakukan. Menurutnya, dalam mengembangkan layanan ICONNET, PT PLN (Persero) dan ICON+ tak henti untuk mengedepankan layanan yang berkualitas dengan berorientasi pada customer experience.
Penuhi Harapan Pelanggan
Wakil Direktur Utama PT PLN (Persero), Darmawan Prasodjo yang hadir dalam peluncuran ICONNET mengapresiasi kinerja yang telah dilakukan ICON+. Darmawan mengatakan, customer menginginkan layanan internet yang lebih cepat dengan biaya yang lebih murah. Harapan dan kebutuhan tersebut mampu dipenuhi oleh ICON+.
“Kita berharap tiga hingga empat tahun dari sekarang, kalau berbicara internet, branding-nya adalah ICON+, di mana di dalamnya ada ICONNET,” ucap Darmawan.
Harapan yang tak kalah besar juga disematkan oleh Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PT PLN (Persero) Bob Saril. Menurut Bob, ICONNET merupakan terobosan besar dan peluang untuk mengembangkan sayap ICON+. Ia berharap ICONNET dapat terus menjangkau wilayah-wilayah di Indonesia sejalan dengan percepatan transformasi digital sesuai arahan Presiden Joko Widodo.
“ICONNET diharapkan ikut serta membangun Indonesia tidak hanya di sektor industri besar, namun juga mampu mengakselarasi digitalisasi UMKM untuk mengembangkan potensi ekonomi masyarakat,” ujar Bob.
Yuddy Setyo Wicaksono, Direktur Utama ICON+ mengatakan, sebagai entitas anak usaha PT PLN (Persero), ICON+ tak henti berinovasi dan terus bertumbuh mengikuti perkembangan telekomunikasi nasional dan global.
“Hal ini sejalan dengan program tol langit yang telah dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo. Dengan teknologi full fiber-optic yang kami miliki, kami siap menyediakan layanan internet berkualitas di seantero negeri, sehingga kehadiran kami mampu dirasakan masyarakat di negeri ini,” ujar Yuddy.
Yuddy mengutarakan keyakinannya ICONNET akan menjadi kekuatan dan semangat baru ICON+ untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan-pelanggan ICON+ maupun PT PLN (Persero).
Pastikan Kemudahan
Komitmen untuk memberikan pelayanan terbaik juga diwujudkan ICON+ melalui itikad menghadirkan jaringan internet di wilayah-wilayah yang belum terlayani. Vice President Retail Solution ICON+, Wuri Yulianto menjelaskan, langkah yang ditempuh ICON+ ini sejalan dengan program pemerintah dalam meningkatkan penetrasi broadband nasional yang saat ini masih di kisaran 15 persen.
Sesuai dengan tagline ICONNET, lanjut Wuri, ICON+ tidak hanya menghadirkan layanan internet yang andal, namun juga memberikan kemudahan bagi pelanggan maupun calon pelanggan. Calon pelanggan dapat mendaftar ICONNET melalui website dan contact center ICONNET. Semakin mudah karena layanan ini juga dapat diakses di aplikasi PLN Mobile.
“Hadirnya ICONNET di PLN Mobile memudahkan pelanggan dan calon pelanggan untuk mengakses dan melakukan pembayaran. ICONNET hadir dengan pilihan paket dengan harga kompetitif dan terjangkau,” ucap Wuri.
Wuri menambahkan, agar dapat terus memberikan penawaran terbaik bagi calon pelanggan ICONNET, ICON+ melakukan survei pasar sehingga bisa mengetahui apa yang dibutuhkan konsumen. Kebutuhan ini mencangkup layanan dan promo. Promo yang ditawarkan ICONNET tentunya berdasarkan aspirasi dari pelanggan.
Didukung oleh tim yang andal dan berpengalaman, serta sinergi dari PLN Group, yaitu PT Haleyora dan PT PLN Tarakan ditambah dukungan infrastruktur yang memadai, seperti jaringan backbone, POP (Point of Presence), NOC (Network Operation Center), dan layanan call center selama 24 jam, ICON+ siap melayani pelanggan dan calon pelanggan ICONNET.
“Kami berharap kehadiran ICONNET dapat diterima dengan baik oleh masyarakat sebagai salah satu pilihan utama untuk layanan internet di rumah. Dengan layanan internet yang Reliable, Affordable, dan Unlimited, kehadiran ICONNET bisa membuat “Semua Makin Mudah”,” harap Wuri.