RUBRIK

Kisah Pertempuran Surabaya dalam Sinema

HUT ICON+ menjadi energi untuk terus aktif berkolaborasi dalam memajukan teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia.

 

Hari Pahlawan 10 November yang diperingati setiap tahunnya menandai salah satu peristiwa penting dalam perjalanan Bangsa Indonesia. Pertempuran Surabaya, perjuangan masyarakat Indonesia dalam mempertahankan kedaulatan bangsa ini dapat kita saksikan dalam film. Jalan ceritanya boleh jadi tak persis sama, namun dapat menjadi gambaran tentang dahsyatnya pertempuran yang membara di Surabaya.

 

Merdeka atau Mati Soerabaia 45

Film Merdeka atau Mati Soerabaia 45 merupakan salah satu film bertema perjuangan Indonesia yang dirilis pada 1990. Mengambil latar pecahnya peperangan pada 10 November 1945 antara masyarakat Indonesia dengan tentara sekutu, film ini dibintangi oleh Nyoman Swadayani, Leo Kristi, dan Usman Effendy.

Disutradarai oleh Imam Tantowi, film Merdeka atau Mati Soerabaia 45 merekonstruksi kisah heroik perjuangan masyarakat Indonesia yang marah setelah mengetahui niat pasukan sekutu untuk mengembalikan Indonesia ke tangan Belanda. Menyuguhkan kisah perjuangan yang diambil dari sudut pandang rakyat biasa, film ini menawarkan kisah menarik sekaligus membuka mata kita akan dahsyatnya peperangan di Surabaya.

 

Battle of Surabaya

Film animasi besutan sutradara Aryanto Yuniawan ini dibuka dengan adegan jatuhnya bom yang menghancurkan Hirosima, Jepang. Cerita kemudian mengalir sesuai dengan fakta sejarah mengenai peristiwa 10 November 1945 yang juga dikenal dengan Pertempuran Surabaya. Yang menarik, film ini mengangkat peristiwa bersejarah dari sudut pandang Musa, remaja berusia 13 tahun.

Berprofesi sebagai tukang semir sepatu, Musa hidup di bawah tekanan kebutuhan hidup. Jiwa nasionalismenya membuat Musa turut berjuang mempertahankan kedaulatan Indonesia dari para pasukan tantara sekutu. Sejumlah artis papan atas terlibat sebagai pengisi suara dalam film animasi ini, seperti Reza Rahadian, Maudy Ayunda, dan Keagan Kang.

iQuiz 11 – 2022
close slider

iQuiz 11 - 2022

Penerapan GRC (Governance, Risk and Compliance) di PLN Icon Plus sudah dimulai sejak akhir 2020 lalu. Penerapannya diharapkan dapat meningkatkan efektivitas, efisiensi, pertumbuhan, dan keberlanjutan perusahaan, hingga kepercayaan stakeholder. Penerapan GRC tersebut mencakup tiga aspek, salah satunya adalah …