RUBRIK

“One Stop Solution” untuk Indonesia

Solusi layanan digital ICON+ dihadirkan sebagai bakti pada negeri sekaligus itikad melayani kebutuhan pelanggan dengan sepenuh hati.

 

Di usianya yang ke-13 tahun pada 2013 silam, ICON+ untuk kali pertama mengobarkan slogan “We Speak Beyond Connectivity”. Slogan ini mengisyaratkan komitmen ICON+ untuk tak sekadar menghadirkan konektivitas berupa jaringan internet ke seluruh penjuru Tanah Air. Kini, hampir delapan tahun berlalu, komitmen itu tak memudar sedikit pun. Justru semakin mengakar di dalam ICON+.

Seperti disampaikan Direktur Enterprise Business ICON+ Julita Indah. Menurut Julita, pesan yang ingin disampaikan melalui tagline Beyond Connectivity, komitmen ICON+ tidak hanya berhenti pada upaya menyambungkan jaringan fiber optik ke seluruh negeri, tetapi juga menghadirkan beragam produk, layanan, serta dukungan terbaik kepada pelanggan.

“Visi ICON+ tidak hanya menghadirkan konektivitas, tetapi juga ragam layanan seperti aplikasi dan manage service. Layaknya perusahaan ICT, kami all-purpose, apa yang dibutuhkan pelanggan, kami penuhi,” terang Julita.

Kebutuhan pelanggan akan solusi digital memang sangat beragam. Demikian pula halnya produk dan layanan yang ditawarkan ICON+. Dalam kapasitasnya sebagai enabler proses bisnis PT PLN (Persero), misalnya. Layanan yang diberikan ICON+, terutama dalam digitalisasi kelistrikan, terentang mulai dari otomasi transmisi, pembangkit, distribusi, hingga layanan terhadap pelanggan seperti solusi connectivity, data center, manage sevice electricity, aplikasi, hingga contact center.

Demikian pula halnya pada segmentasi government. ICON+ terus berkomitmen mendukung program pemerintah. Salah satu contohnya, Julita menggambarkan dukungan ICON+ terhadap program Kementerian Koperasi dan Usaha, Kecil, dan Menengah. Program yang menyasar UMKM hingga ke desa-desa ini didukung oleh ICON+ melalui suplai jaringan dan manage service-nya.

Julita menambahkan, ICON+ juga terus mendukung upaya pemerintah untuk menghadirkan pemerataan internet ke seantero negeri. Hal tersebut terlihat dari berbagai produk ICON+ yang menghadirkan koneksi internet hingga menyentuh wilayah-wilayah yang selama ini sulit dan belum menikmati koneksi internet. Di ratusan desa di berbagai wilayah di Indonesia, ICON+ menggagas keberadaan Internet Desa, yang banyak bermanfaat untuk pemerintahan desa, pelaku UMKM, BUMDES, hingga dunia pendidikan.

 

Partner yang Mengerti

Pada segmentasi korporasi, layanan ICON+ yang meliputi konektivitas dan manage service pendukung ICT dihadirkan mulai dari kantor pusat hingga kantor cabang partner ICON+. Seperti pada sektor perbankan, layanan yang diberikan ICON+ meliputi kantor pusat, kantor cabang, hingga kantor cabang pembantu. Dengan ragam produk, layanan, dan solusi yang dihadirkan terhadap berbagai segmentasi pelanggan, ICON+ berupaya menuju arah one stop solution.

Julita menekankan bahwa tujuan one stop solution tak lain ialah menjadikan ICON+ sebagai partner yang baik bagi pelanggan dalam memenuhi kebutuhan multipurpose terkait ICT. Ketika perusahaan menganggap pelanggan sebagai mitra, maka cara berpikirnya pun berada pada satu langkah di atas cara berpikir antara provider dengan customer.

“Sebagai partner, ICON+ selalu memikirkan apa yang mereka (pelanggan) butuhkan. Kami tidak bisa bilang ‘tidak’ karena tidak mau mengecewakan. Ketika mereka puas, otomatis produk kami akan terus digunakan,” ucap Julita.

 

ICON+ Pasti Bisa

Agar mampu menjadi ICT strategic partner, ICON+ harus mengomptimalkan semua layanan terhadap pelanggan. Terkait hal ini, Julita meyakini bahwa iklim tersebut sudah terbangun sangat baik di ICON+. Yang perlu dilakukan adalah rise up terhadap iklim yang ada. Apabila selama ini ICONers berlari dengan kecepatan 100 meter, kini saatnya ICONers harus bisa berlari 400 meter.

Hal lain yang membuat Julita yakin ialah budaya komunikasi yang baik di dalam perusahaan. Melalui komunikasi yang dibangun secara intensif, seluruh ICONers mengetahui arah tujuan perusahaan dan cara mencapainya. Agar pesan tersampaikan kepada ICONers dengan sempurna, sharing knowledge dilakukan langsung oleh Board of Director secara berkala. Informasi-informasi ini terus digaungkan sehingga menjadi pengingat serta penyemangat bagi ICONers untuk melangkah.

Hal yang tidak kalah penting ialah menumbuhkan iklim kerja sama antarkaryawan. Dengan teamwork yang solid akan tercipta budaya gotong royong sehingga beban yang harus dihadapi tak berat sebelah. Iklim kolaborasi terus dibangun di ICON+ secara terus-menerus sehingga bisa menjadi booster perubahan di dalam perusahaan.
Perihal penguasaan teknologi, Julita pun tak memiliki keraguan pada ICONers. “ICONers merupakan orang-orang pilihan yang memiliki kompetensi yang cukup tinggi di dunia ICT. Saya Optimistis ICON+ pasti bisa menjawab tantangan yang ada dan mencapai tujuannya,” ucap Julita.

iQuiz 12 – 2022
close slider

iQuiz 12 - 2022

PLN Icon Plus hadirkan layanan I-WIN untuk memenuhi kebutuhan pelanggan terhadap layanan manage service wi-fi. Layanan I-WIN merupakan solusi terbaik yang disediakan dalam bentuk …