RUBRIK

PLN Group Siap Menyongsong Era Web 3.0 dan Metaverse

PLN Group turut berpartisipasi aktif dalam gelaran Indonesian Digital Conference (IDC) 2022 yang diselenggarakan Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) pada 22 November 2022. Tak hanya turut mensponsori kegiatan,  hadir sebagai salah seorang narasumber dalam rangkaian diskusi panel yang digelar, Direktur Utama PLN Icon Plus Ari Rahmat Indra Cahyadi yang mewakili Direktur Utama PT PLN (Persero), Darmawan Parasodjo.

Peresmian acara IDC 2022 simbolik dilaksanakan oleh Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM), Teten Masduki yang didampingi Ketua AMSI, Wenseslaus Mangut. Gelaran IDC ketiga ini adalah pertama kalinya digelar secara offline. Sebelumnya, lantaran kondisi pandemi Covid-19, IDC diselenggarakan secara online selama dua tahun berturut-turut.

Dalam sambutannya, Wenseslaus berharap event ini dapat mendatangkan angin segar, utamanya bagi industri media. Teten Masduki juga menyampaikan harapannya, bahwa AMSI dapat menjadi wadah media online yang dapat terus eksis dan menjalankan bisnis media yang sehat dan berkualitas.

Di antara rangkaian agenda IDC yang digelar 22- 23 November 2022 tersebut, Direktur Utama PLN Icon Plus  hadir dalam Diskusi Panel Sesi I  mengusung tema “Web 3.0 Peluang dan Tantangan Model Bisnis di Era Digital”. Dalam diskusi, Ari menyampaikan tentang kesiapan PLN Group—termasuk PLN Icon Plus untuk mengembangkan peluang sekaligus menghadapi tantangan bisnis di era web 3.0 dan metaverse.

“Bicara web 3.0 dan metaverse, tentunya banyak peluang yang bisa dibangun di sini. Untuk itu, PLN telah memiliki modal dasar dalam pengembangan ke depannya. Dalam hal ini, PLN Group telah membangun big data, cyber security, digital transformation, dan—yang tak kalah penting adalah people capability,” papar Ari.

Melalui pembangunan metaverse dan web 3.0 tersebut, Ari menambahkan, dapat dilakukan improvement terhadap proses bisnis di PLN Group. Selain itu, diharapkan juga dapat meningkatkan produktivitas aset-aset ketenagalistrikan melalui optimisasi aset. Seperti diketahui, PLN merupakan BUMN dengan aset terbesar.

“Kami di PLN Group, telah siap menyongsong tren teknologi metaverse dan web 3.0 dengan melakukan improvement di berbagai aspek, baik infrastruktur, struktur organisasi, maupun people capability,” ujar Ari.

Langkah tersebut diharapkan akan berujung pada peningkatan keandalan jaringan kelistrikan sehingga turut mendorong peningkatan pelayanan kepada pelanggan.

iQuiz 8 – 2022
close slider

iQuiz 08 - 2022

Sejak 2021 hingga Agustus 2022, ICON+ secara periodik mencatat capaian layanan ICONNET di berbagai wilayah Indonesia. Dari tiga Strategic Business Unit (SBU) ICON+ berikut, manakah yang secara konsisten menduduki posisi puncak dalam penjualan ICONNET setiap bulannya?