RUBRIK

Rambah Bisnis TV Streaming, ICONNET Hadirkan Layanan OTT TV

Dalam rangka memenuhi setiap kebutuhan pelanggan, ICON+ terus berupaya menghadirkan layanan terbaik, salah satunya melalui layanan Over The Top (OTT) ICONNET.

Perkembangan teknologi internet mendorong banyak perubahan di berbagai aspek kehidupan manusia, salah satunya media pemenuhan kebutuhan informasi dan hiburan. Layanan streaming menjadi primadona baru di kalangan masyarakat karena menawarkan kemudahan serta konten yang lebih beragam.

Layanan streaming yang disebutkan di atas termasuk dalam layanan berbasis Over The Top (OTT). Mengutip dari Technopedia, OTT adalah layanan yang menyediakan produknya melalui internet yang tidak dibatasi media distribusinya. Maksud dari media distribusi berupa sambungan kabel maupun nirkabel (wireless).

Pada Maret 2022, Trade Desk merilis hasil studi bertajuk “Future of TV” yang menunjukkan Indonesia sebagai negara Asia Tenggara paling tinggi mengonsumsi konten OTT. Trade Desk memprediksi konsumen OTT di Indonesia bakal tumbuh 40 persen dari tahun ke tahun.

Melihat data tersebut, ICON+ sebagai penyedia layanan ICONNET melirik pasar OTT dengan melakukan diversifikasi produk dan layanan melalui bundling paket internet dan TV streaming.

“Tambahan add on streaming ini merupakan salah satu produk yang memang sangat kekinian,” ujar Supervisor Retail Product & Marketing ICON+, Ranidya Marieska Ayu Pratiwi yang biasa disapa Rika.

Dalam menghadirkan layanan OTT, ICONNET menggandeng TransVision, anak perusahaan Trans Corp, sebagai pendukung penyedia konten OTT yang diberi nama OTT Streaming TV Diamond. Dalam layanan yang sudah diluncurkan sejak Juli 2022 ini, user dapat mengakses channel TV nasional maupun internasional, serta beragam platform entertainment, seperti Disney+ Hotstar, dan Netflix.

“Kami melihat Transcorp cukup strategis sebagai mitra ICON+ untuk memperkenalkan produk OTT TV streaming ini,” ujar ICONers yang akrab disapa Rika ini.

 

Layanan OTT TV streaming

Rika menjelaskan, pelanggan ICONNET dapat menikmati layanan tv streaming secara langsung dengan syarat berlangganan internet minimal bandwith-nya 20 Mbps. Karenanya, pelanggan ICONNET paket 10 Mbps, harus upgrade terlebih dahulu untuk bisa menikmati layanan add on tv streaming tersebut.

Untuk berlangganan OTT TV dari ICONNET, pelanggan cukup membayar paket seharga Rp149 ribu/bulan sudah termasuk perangkat decoder terbaru dari TransVision dan biaya instalasi. Setelah setahun berlangganan, perangkat secara otomatis akan jadi milik pelanggan.

Selain itu, biaya tersebut juga sudah termasuk layanan purnajual yang dibantu oleh tim ICONNET. “Sekiranya terdapat kendala, pelanggan bisa langsung menghubungi Contact Centre ICONNET, kemudian akan dikoordinasikan dengan pihak TransVision,” jelasnya.

Untuk memudahkan pelanggan, registrasi layanan OTT TV Diamond juga telah terintegrasi dalam aplikasi PLN Mobile. “Layanan OTT TV streaming bisa didaftarkan melalui PLN Mobile, kemudian masuk ke menu internet, tambah paket add on wifi extender dan add on OTT TV streaming,” lanjut Rika.

Dengan berlangganan layanan OTT ICONNET, pelanggan bisa menikmati beragam fitur yang tersedia, seperti video on demand, channel live tv, dan catch up tv.

 

Pengembangan Bisnis

Hingga akhir 2022, ICON+ menargetkan 2000 pelanggan TV streaming. Dalam merealisasikan target tersebut, Divisi Bussiness Solution ICON+ tengah berkolaborasi dengan pihak TransVision untuk menghadirkan gimmick-gimmick pemasaran lainnya. Saat ini, baru tersedia satu jenis paket yang ditawarkan, yaitu paket Diamond.

Rika menjelaskan, upaya pengembangan bisnis dari sisi internal ICON+ yakni menyiapkan komisi bagi sales ICON+ yang ikut memasarkan layanan add on TV streaming. Sedangkan dari sisi eksternal, lanjut Rika, akan menambah paket bundling dan variasi paket lainnya sesuai dengan minat pelanggan.

“Misalnya, paket internet + OTT TV dengan harga khusus yang lebih terjangkau. Karena sekarang, harga paketnya masih terpisah, antara paket internet dan paket OTT TV. Untuk meningkatkan penjualan OTT TV perlu dirancang skema promosi harga bundling menjadi lebih ekonomis,” imbuhnya.

Ke depannya, ICON+ berencana menjalin kerja sama dengan penyedia layanan OTT TV streaming lainnya. Ini sesuai dengan konsep yang akan menjadikan ICONNET sebagai marketplace dari produk-produk penyedia layanan TV streaming.

“Kami akan menjadi marketplace-nya melalui aplikasi PLN Mobile, sehingga keputusan pelanggan untuk berlangganan paket streaming akan lebih bervariasi. Banyak pilihan dari provider lain maupun jenis paketnya yang bisa dibeli pelanggan,” pungkas Rika.

iQuiz 12 – 2022
close slider

iQuiz 12 - 2022

PLN Icon Plus hadirkan layanan I-WIN untuk memenuhi kebutuhan pelanggan terhadap layanan manage service wi-fi. Layanan I-WIN merupakan solusi terbaik yang disediakan dalam bentuk …