RUBRIK

Sampaikan Keluhan dengan Baik dan Benar

Bukan hal baru melihat pelanggan marah-marah bahkan sampai melontarkan kata-kata kasar saat menyampaikan keluhan kepada penyedia barang atau jasa. Pelanggan yang mengeluh sambil marah-marah pasti punya alasan, dan pihak yang bertanggung jawab perlu meresponnya dengan baik.

Sayangnya, masih banyak pelanggan yang kurang menyadari etika dalam menyampaikan keluhan. Jika keluhan disampaikan dengan cara-cara yang kurang pas malah berpotensi menambah ruwet masalah.

Lalu bagaimana cara menyampaikan keluhan yang baik agar membuahkan hasil sesuai yang diinginkan? Simak pembahasannya di bawah.

 

Tenangkan Diri

Kendalikan emosi dengan menarik napas panjang sebelum menyampaikan keluhan. Jika merasa lebih baik, mulai dengan sopan dan utarakan tujuan Anda secara detail dengan bahasa yang baik. Sebaiknya segera sampaikan keluhan saat Anda masih ingat dengan jelas permasalahan yang terjadi.

 

Sampaikan Bukti

Sertakan bukti spesifik untuk memperkuat keluhan. Biasanya bukti yang dilampirkan bisa berbentuk nota pembelian, rekaman audio, foto, atau surat keterangan lainnya. Sampaikan kronologi sesuai dengan bukti tanpa menambahkan opini dalam keluhan.

 

Tanyakan Solusi

Saat menyampaikan keluhan, Anda punya hak untuk mendapatkan solusi. Anda juga bisa menyampaikan saran sebagai jalan keluar atas permasalahan yang tengah dihadapi kepada pihak terkait. Jika saran tersebut belum menemui titik terang, tanyakan bagaimana solusi yang diberikan oleh perusahaan untuk mengatasi keluhan yang disampaikan.

 

Ucapkan Terima Kasih

Setelah mendapatkan jawaban yang diperlukan, jangan lupa ucapkan terima kasih. Namun, jika belum mendapatkan jawaban tersebut, berikan batas waktu sampai keluhan Anda berhasil dipenuhi.

iQuiz 8 – 2022
close slider

iQuiz 08 - 2022

Sejak 2021 hingga Agustus 2022, ICON+ secara periodik mencatat capaian layanan ICONNET di berbagai wilayah Indonesia. Dari tiga Strategic Business Unit (SBU) ICON+ berikut, manakah yang secara konsisten menduduki posisi puncak dalam penjualan ICONNET setiap bulannya?