Sejalan dengan transformasi yang tengah ditempuh PLN, New PLN Mobile hadir sebagai layanan yang memberi pengalaman baru bagi pelanggan.
Platform digital yang diluncurkan PT PLN (Persero) pada 18 Desember 2020 lalu, dirancang untuk memenuhi semua kebutuhan pelanggan. Bagi PLN, New PLN Mobile menjadi salah satu penanda penting dari transformasi yang tengah digulirkan, yakni tekad kuat memberikan pengalaman baru dan kemudahan bagi pelanggan.
Wakil Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo dalam keterangan tertulis mengatakan, New PLN Mobile tak hanya sekadar aplikasi. Melalui New PLN Mobile, perusahaan listrik milik negara ini ingin memberikan pengalaman baru serta kemudahan kepada pelanggan.
“Semua upaya ini kami lakukan demi memberikan pelayanan prima kepada para pelanggan kami, demi kepuasan pelanggan PLN,” ucap Darmawan.
Hadir dengan tampilan baru, New PLN Mobile semakin lengkap dengan fitur-fitur baru. Officer Analyst Staf Direksi ICON+ Haidar Ahmad, sebelumnya menjabat sebagai Assistant Analyst Pengembangan Produk Inovatif, Divisi Pengembangan Produk (DIVPRD) PLN, mengatakan, pada versi PLN Mobile yang diluncurkan pada 2016 lalu, fitur utama hanya terbatas pada layanan PLN saja.
“Fitur tersebut antara lain, permohonan penyambungan baru, ubah daya, pengaduan dan informasi tagihan listrik atau pembelian token listrik prabayar,” jelas Haidar.
Lebih jauh Haidar menjelaskan, New PLN Mobile dilengkapi dengan sembilan fitur yang terdiri dari empat fitur utama dan lima sub menu. Fitur Token dan Tagihan merupakan fitur yang dihadirkan untuk membantu pelanggan dalam membeli token listrik dan membayar tagihan listrik. Electrizen, sebutan bagi pelanggan listrik, dapat mencatat dan membaca meter secara mandiri melalui fitur Catat Meter SwaCAM (Swadaya Catat Angka Meter).
Pelanggan yang ingin mengajukan pengubahan daya listrik kini hanya perlu mengetuk fitur Ubah Daya pada aplikasi New PLN Mobile. Pengaduan gangguan pun menjadi semakin mudah. New PLN Mobile memiliki fitur pengaduan sehingga electrizen dapat menyampaikan pengaduan gangguan melalui aplikasi ini. Pelayanan terhadap pelanggan semakin prima dengan hadirnya lima sub menu pada New PLN Mobile.
Lima sub menu ini, lanjut Haidar, terdiri dari Monitor Pemakaian Paskabayar. Fitur ini digunakan untuk mengetahui histori pemakaian dan tagihan listrik. Sementara fitur Monitor Pembelian Token berfungsi untuk mengetahui riwayat pembelian token listrik prabayar. Adapun Notifikasi Tagihan merupakan fitur yang berfungsi memberi informasi seputar tagihan listrik. Terkait dengan pangaduan, pelanggan dapat memantau progres perbaikan melalui Informasi Progres Penyelesaian Gangguan.
“New PLN Mobile juga dilengkapi Notifikasi Padam & Pemeliharaan. Pelanggan PLN akan memperoleh notifikasi saat listrik padam, baik yang disebabkan gangguan maupun pemeliharaan,” terang Haidar.
Kolaborasi terbaik untuk Electrizen
Pengembangan New PLN Mobile melibatkan banyak pihak di dalam tubuh PLN. Sejumlah divisi yang terlibat dalam proses brainstorming antara lain, DIVPRD, Divisi Sistem dan Teknologi Informasi (DIVSTI), Divisi Pemasaran dan Pelayanan Pelanggan (DIVPPP), Divisi Corporate Communicarion and CSR (DIVCOM), dan ICON+, entitas anak perusahaan PLN yang bergerak di bidang Teknologi, Informasi, dan Komunikasi.
Manager Financial Technology Service ICON+ Paisal mengatakan, dalam pengembangan platform New PLN Mobile, ICON+ menyumbang beberapa fitur seperti Payment, Infrastruktur New PLN Mobile, dan Contact Center. Fitur payment yang terdapat pada aplikasi New PLN Mobile merupakan produk inovasi ICON+, yakni ICONPay.
“ICONPay merupakan sistem pembayaran milik ICON+ yang telah lama digunakan terutama untuk pembayaran non tagihan listrik seperti pasang baru dan tambah daya. Secara tidak langsung, ICONPay dapat dikatakan sebagai payment gateway-nya PLN,” terang Paisal.
Paisal menambahkan, ICONPay digunakan sebagai sebagai fitur pembayaran untuk pembelian token listrik dan pembayaran postpaid pada aplikasi New PLN Mobile. Baik pembelian token untuk listrik prabayar maupun pembayaran tagihan listrik paskabayar kini semakin mudah dilakukan.
Kemudahan tersebut diperoleh pelanggan dengan hadirnya beragam channel pembayaran yang dapat dilakukan melalui layanan perbankan maupun dompet digital yang telah menjalin kerja sama dengan ICON+. Total channel pembayaran yang telah beroperasi saat ini berjumlah sepuluh channel, terdiri dari Mandiri VA, BRI Direct Debit, BRI VA, BCA OneKlik, BCA VA, BNI VA, LinkAja, Gopay, OVO dan Doku.
“Semua urusan yang berkaitan dengan layanan PLN kini ada dalam genggaman. Hal ini menjadikan PLN semakin dekat dengan pelanggannya dan pelanggan pun semakin diuntungkan,” ucap Paisal.
Perihal pengembangan New PLN Mobile ke depannya, Paisal mengatakan, terdapat banyak rencana yang akan dilakukan, salah satunya menambahkan fitur baru. Fitur yang akan ditambahkan dalam waktu dekat adalah ICONCash. Saat ini fitur tersebut masih dalam tahap pengembangan dan proses perizinan.
Bukan Sekadar Aplikasi
“Perasaan saya bangga bisa menjadi bagian produk PLN ini, sama seperti dahulu saya bersama ICON+ menjadi bagian dari pembangunan Contact Center PLN 123. Saya merasa ini adalah suatu tahapan perjalanan PLN masuk dalam dunia digital.
New PLN Mobile bukan sekedar aplikasi. Bagi electrizen, New PLN Mobile akan menjadi total solusi kebutuhan pelanggan.
Bagi ICON+, New PLN Mobile merupakan peluang membangun bisnis baru yang sangat besar dengan bebasiskan aplikasi mobile. Bagi PLN Group, New PLN Mobile adalah kendaraan untuk membangun masa depan PLN Group dalam dunia digital.
Bagi saya pribadi, New PLN Mobile adalah perjalanan menuju dunia baru PLN Digital di mana banyak tantangan yang harus dihadapi. PLN Group harus bergandengan tangan, bahu-membahu menghadapi dunia yang mulai berubah.”
Bangga Menjadi Bagian New PLN Mobile
“Bidang yang saya pimpin adalah Financial Technology Service, berada di bawah Divisi Infrastruktur Service, Direktorat Service Excellence ICON+. Bidang ini bertugas menjalankan fungsi aktivasi dan operasional untuk platform ICONPay, termasuk layanan pembayaran untuk New PLN Mobile.
Lingkup pekerjaannya mulai dari aktivasi merchant atau channel baru, operasional & pemeliharaan ICONPay, serta rekonsiliasi data atas setiap transaksi yang terjadi di ICONPay, baik itu dengan Bidang Treasury ICON+ dengan pihak ketiga seperti treasury PLN maupun dengan Payment Service Provider.
Menjadi sebuah kepuasan tersendiri bahwa kami masih diberi kepercayaan untuk berkecimpung dalam project besar New PLN Mobile yang dapat membuat harum nama perusahaan dan holding. Selain itu, tentunya hal ini juga membangkitkan rasa bangga sebagai ICONers.”